Sunday, September 16, 2018

Sistematika Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan

   Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di perusahaan atau instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat resmi/surat dinas. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Aturan-aturan tertentu yang dimaksudkan adalah isi, sistematika, bagian-bagian, dan bahasa yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan.
   Isi surat harus lengkap. Isi atau sering disebut juga tubuh surat lamaran pekerjaan yaitu:
  1. Pembuka yang berisi posisi pekerjaan yang dilamar dan sumber informasi lamaran/alasan melamar atau latar belakang mengapa pelamar merasa mampu dan layak menempati posisi itu.
  2. Identitas pelamar/data pelamar/riwayat pengalaman.
  3. Penutup yang berisi ungkapan rasa terima kasih dan harapan pelamar.
Sedangkan, sistematika penulisan surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut.
a. Kepala Surat (pada bagian ini ditulis nama lengkap dan alamat lengkap termasuk nomor telepon dan email pelamar. posisinya disebelah kanan atas)
b. Tempat dan Tanggal Surat (apabila sudah ada kepala surat, maka tempat tidak perlu ditulis, langsung tanggal sesuai dengan saat pembuatan surat)
c. Lampiran (tulis berapa lembar berkas yang dilampirkan)
d. Alamat yang dituju (bagian ini biasanya berupa nama dan divisi yang dituju, berikut nama serta alamat perusahaan.
e. Perihal/Hal (bagian ini berupa garis besar isi surat, dalam hal ini karena suratnya berisi lamaran pekerjaan, perihal atau halnya adalah lamaran pekerjaan)
f. Salam Pembuka (aspek ini merupakan salam untuk membuka surat, seperti "Dengan hormat,.....")
g. Tubuh Surat atau Isi (bagian ini merupakan bagian utama surat lamaran pekerjaan yang menyebutkan pembuka, posisi yang dilamar dan sumber informasi lamaran/alasan melamar atau latar belakang mengapa pelamar merasa mampu dan layak menempati posisi itu, identitas pelamar/data pelamar/riwayat pengalaman, dan penutup berisi ungkapan rasa terima kasih dan harapan pelamar)
h. Salam Penutup (seperti hormat saya.....)
i. Tanda Tangan Pelamar
j. Nama Lengkap Pelamar
k. Lampiran (berkas lampiran disertakan terpisah dengan surat lamaran yang dapat berupa daftar riwayat hidup, fotokopi KTP, fotokopi ijazah yang mendukung, surat berkelakuan baik, dan lain-lain. Pilih lampiran yang memang diperlukan atau mendukung, lampiran berisi lembaran lain yang disertakan selain surat.

No comments:

Post a Comment